Mengetahui Apa Saja Manfaat dan Fungsi Green House

Dalam meningkatkan di bidang pertanian terutama di bidang pembudidayaan tanaman, ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para petani atau para pembudidaya tanaman. Sebagai salah satu contohnya yaitu dengan membudidayakan tanaman dengan menggunakan cara yaitu green house. Lalu apa green house itu? Green house adalah sebuah bangunan yang dibentuk untuk menghindari dan merawat tanaman terhadap segala macam perubahan cuaca, green house juga dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai rumah kaca.

Green house memang dibuat dengan atap yang berbentuk melengkung dan juga biasanya dibuat dari bahan-bahan yang transparan seperti kaca, plastik uv, achrilic, dan lain sebagainya. Ada beberapa tujuan mengapa green house dibuat dengan atap yang tembus pandang, hal ini bertujuan agar cahaya matahari dapat masuk secara langsung untuk menyinari beberapa tanaman yang ada didalam green house.

# Baca juga Fakta Tentang Buah Naga Yang Jarang Di Ketahui Orang!! 

Manfaat dan Fungsi Green House
Ada beberapa manfaat dan fungsi yang nantinya akan Anda dapatkan jika Anda membuat sebuah green house ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini :
– Sebagai sarana untuk melakukan pembibitan tanaman
Manfaat yang pertama adalah sebagai sarana yang digunakan untuk melakukan pembibitan tanaman. Tentu saja dengan cuaca yang sedang tidak menentu ini membuat tanaman mudah rapuh, maka dari itu dengan dibuatnya green house ini tentu saja dapat dijadikan sebagai sarana yang baik untuk melakukan pembibitan tanaman.

– Sebagai tempat untuk melakukan karantina tanaman
Karantina tanaman yang dimaksud adalah merawat tanaman yang memiliki masalah seperti terkena hama, penyakit tanaman, dan lain sebagainya. Maka dari itu jika diletakkan di dalam green house ini dinilai akan aman sehingga tidak akan terkena penyakit lainnya yang ada diluar sana.

– Sebagai tempat untuk membudidayakan tanaman tertentu
Ada beberapa tanaman yang hanya dapat tumbuh jika dirawat di tempat-tempat tertentu seperti tanaman holtikultura yaitu buah, sayur, bunga, tanaman herbal, dan juga beberapa tanaman hias. Tentunya akan sangat membutuhkan tempat yang harus terjaga dari sinar mataharinya, suhunya, kandungan airnya, dan lain sebagainya.

– Sebagai sarana agro wisata
Selain mempunyai manfaat yang bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk merawat tanaman, green house ini juga kadang sering digunakan sebagai sarana agro wisata seperti petik buah, dan lainnya.

– Sebagai agromat atau agroshop
Manfaat green house yang terakhir tentu saja untuk dijadikan sebagai salah satu usaha yang menguntungkan, diletakkan didalam green house ini agar tidak mempersulit si penjual dalam menjual tanamannya. Karena jika tanaman yang sedang di rawat ini dipindahkan ke tempat lain maka takutnya akan menimbulkan kerusakan, atau malah menimbulkan penyakit tanaman. Maka akan lebih baik jika pembelinya datang langsung ke green house ini.

Dengan membuat sebuah green house tentu saja akan membuat banyanya ruang hijau yang sangat bermanfaat terutama jika dibangun di perkotaan. Namun hal yang selalu harus Anda pahami sebelum membuat sebuah green house tentu saja lahannya, seberapa luaskah lahan yang dimiliki, jangan sampai memaksakan lokasi misalnya luas yang kecil namun ditanami tanaman yang melebihi kapasitas agar sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi seperti jika ada tanaman yang sakit, maka tanaman yang lainnya tidak akan tertular.

Nah setelah Anda mengetahui apa saja pengertian green house, dan apa sajakah fungsi dan juga manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Yuk tunggu apalagi rawat tanamanmu sekarang juga dengan membuat green house. Semoga bermanfaat.

Pos ini dipublikasikan di Plastik UV dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar